Abstract must set a good example to anyone.

Abstractinrunning a business, leaders must be role models for their employees.Therefore, a leader must have authority and must set a good exampleto anyone. In establishing a business then we have to start from whatwe like and then we know will undergo what endeavor later. When itknows then slowly then business will be something extraordinary thatlater can be felt the hard work that has been undertaken. When youwant to be an entrepreneur must be an inspiration, motivator andwise. Because it becomes a value in the eyes of evryone. A leadermust also have a strong attitude and character. Leaders must bethemselves without followingthe styel of others, even if they have tofollow take positive things that can be an example for yourself.

Ingeneral a person who wants establish a business is only thinkingabout the benefits alone, how to quickly return the capital. Such away of thinking is not entrepreneur at all, but rather thinking howthe welfare ot it’s employees and responsible for every decisiontaken whether it is appropriate or not. Profit is needed but not abenchmark of success or failure of a business, but think about howthe owner, employees and prospective customers are equally benefited.BABIPENDAHULUAN Latar Belakang Masalah Jikaberbicara tantang entrepreneur dan leadership tentunya kita berpikirbahwa keduanya sudah dalam satu paket yang lengkap. Yangdisebut dengan entrepreneuradalah suatu usaha yang didirikan memiliki banyak karyawan danmenghasilkan profit.Sedangkan leadershipberarti sorang pemimpindi dalam suatuperusahaan atau padasuatu ruangberbedayang memiliki banyak orang.

We Will Write a Custom Essay Specifically
For You For Only $13.90/page!


order now

Seorang pebisnisbisadikatakan sebagai penyelamat buatorang banyak,karenamereka membuatsuatu usaha dan memberikan lapangan pekerjaan buat sebagian orang.Tentu ini adalah hal yang sangat luar biasa, dimana saat sekarangsangat sulit untuk mencari pekerjaan. Untukmengenai leadership yangberarti pemimpin, maka harus memberi contoh kepada karyawan atau bagisebagian orang banyak. Bukanhanya sekedar memimpin, namun mampu mengarahkan suatu perusahaanuntuk mencapai tujuan apa yang akan diraih dan juga mampu mengaturpara karyawannya. Entrepreneurdan leadershipdua hal yang sangatberkaitan di dalam dunia usaha, hanya orang-orang yang memang punyakeahlian yang sangat hebat yang mampu menjalani keduanya, adapuncontoh diantaranya : Bill Gates seorang pendiri Microsoft,Mark Zuckerberg pendiriFacebook dandari dalam negeri ada Bob Sadino yangmemiliki bisnis di bidang pangan dan peternakanserta ada Andrew Darwispendiri Kaskus. Pencapaianmereka sudah terbukti sukses sebagai seorang entrepreneurdan leadershipyang bisa dijadikancontoh bagi para pemula yang ingin membangun sebuah usaha sekaligusmenjadi pemimpin yang hebat. Dasarmereka mau mendirikan karena mereka mampu melihat peluang yang adaserta memandang segala sesuatunya itu bisa terjadi.

Usaha yang merekajalani adalah apa yang disukai dan mampu dikembangkan sehinggamenjadi suatu kesuksesan yang menguntungkan. Saatini banyak orang yang bingung untuk membangun usaha seperti apa, danmendapatkan biaya dari mana demi mewujudkan apa yang diinginkan olehmereka. Padahalorang kreatif sudah sangat banyak tersedia di muka bumi ini, terutamadi Indonesia. Namun kendala yang dihadapi justru soal dana, justrukalau itu menjadi permasalahannya, saat ini banyak bank yang maumeberikan bantuan dana kepada orang yang inginmendirikan usaha. Syaratyang diminta oleh pihak bank juga tidak menyulitkan si peminjam, danpastinya bank akan menentukan pengembalian uang pinjaman ataupengembalian secara bertahap sesuai SOP perusahaan.

1.2 Tujuandan Rencana Mendirikansebuah usaha tentu menjadi keinginan setiap orang, namun dibalik ituada banyak hal yang harus dilakukan untuk mewujudkan semuanya. Darimulai pendanaan, usaha apa yang kira-kira menarik untuk dibuat sertamemikirkan segala resiko yang akan menjadi ancaman dari seorangpelaku usaha ataupun pemimpin. Sebenarnyaresiko yang adapun semata mata menguji kesiapan si pelaku bisnisapakah dirinya mampu mengatasi masalah tersebut atau tidak. Danyang pasti setiap pelaku bisnis tidak mengenal yang namanya putusasa, biasanya mereka akan selalu bangkit dari keterpurukan yangdialami oleh dirinya.1.3 TinjauanPustaka Sepertidi dalam buku Roebuck,Entrepreneur AndLeadership, yangmengatakan bahwa :’Organizinga group of people to achieve a common goal using proactiveentrepreneurial behavior by optimising risk, innovating to takeadvantage of opportunities.

Yangberarti seorang pemimpin harus memiliki motivasi yang tinggi sehinggapara pekerjanya yakin akan kemampuan pemimpinnya dalam menghadapisituasi apapun. Pemimpinjuga harus memiliki valueuntuk menjadikannyasebagai pemimpin yang layak untuk dicontoh dan menjadi inspirasi olehkhalayak banyak.1.

4 AnalisisSituasi Bisnistidak hanya terfokus pada keuntungan, tetapi juga harus memikirkanbagaimana cara memproduksi suatu hasil yang berkualitas, berpikirdengan cerdas dalam mengambil keputusan, tidak terburu-buru untukmenentukan hal yang akan dilakukan kedepannya. Banyak pelaku bisnisdan pemimpin kadang mengambil sikap yang terlalu ceroboh dikarenakanmereka menginginkan hasil yang instan tanpa memperdulikanresiko apa yang akan dialami nantinya. Setiapbisnis, seorang pemimpin pasti memiliki hal apa saja yang akandisiapkan dalam usaha yang dibangunnya demi memberikan yang terbaikbukan hanya untuk dirinya sendiri ataupun bisnis yang dijalaninya,tetapi juga memikirkan karyawan serta para calon konsumennya.Biasanya memikirkan beberapa hal yakni : Perlu mengetahui produk dan jasa yang akan dirancang Tujuannya untuk memberi daya tarik terhadap calon konsumen, dan kesan pertama yang dilihat pun membuat konsumen ingin membeli produk atau jasa yang ditawarkan. Tentu hal itu adalah keuntungan yang sangat bagus yang didapat oleh pemilik usaha bisnis tersebut. Kualitas dari produknya pun harus teruji dulu sebelum memasarkan produk dan jasa yang nantinya akan dijual kepada konsumen.

Visi dan misi bisnis Setiaporang yang memulai bisnis tentu harus mengetahui visi dan misi yangakan menjadi pondasi seseorang untuk tetap fokus pada tujuan bisnisdan organisasi di awal. Dan sering terjadi suatu usaha pada saatmulai berkembang pada tahap selanjutnya mengalami penurunan karenaorganisasi tersebut tidak memfokuskan diri kepada peningkatankemajuan bisnis awal melainkan lebih banyak mencoba menjalankanusaha bisnis yang baru. 3. Membutuhkan tekad yang kuat Untuk menjadi sukses dibutuhkan tekad serta mental yang kuat dalam mengaruhi usaha bisnis, karena meskipun memiliki sebuah pengalaman dalam dunia bisnis namun tidak memiliki mental yang kuat itu akan percuma. Sebab di dunia bisnis itu harus berani mengambil resiko sebesar apapun untuk menguji kemampuan seorang pebisnis ataupun pemimpin ketika mengambil suatu keputusan. Pastinya setiap keputusan yang akan diambil tidak asal memutuskan tetapi melalui tahap demi tahap untuk menentukannya itu adalah taktik dari seorang pebisnis.

4. Mampu memberdayakan sumber daya yang ada Sumber daya manusia adalah salah satu kunci dalam mengembangkan suatu usaha dan itu sangat penting. Para ahli menyadari bahwa untuk memulai usaha sering terjadi apabila kita merekrut pegawai yang tepat dan berpotensi sangat baik dapat menutupi kelemahan manajemen, organisasi dan sistem dalam jangka pendek. 5. Tujuan yang jelas Setiap pengusaha haruslah memiliki tujuan yang jelas dari usaha yang ditekuninya. Ia harus mampu memasang target yang akan dicapai serta target pasarnya siapa, jadi dengan begitu maka bisnis yang ada jelas memiliki tujuan yang jelas agar tidak melenceng dari rencana awal yang sudah dirancang. BAB II METODE2.

1 memilihresponden Respondendalam karya ilmiah adalah sebagian orang yang memilik kelayakan dalammenjadi seorang pemimpin serta mampu menjalani usaha yang dibangunsecara konsisten.2.2teknik pengumpulan data teknikpengumpulan data merupakan langkah yang paling strategis di dalamsebuah tulisan, karena seperti dalam tulisan, esai ataupun penelitianyang dapat dipertanggunjawabkan harus memilik data yang valid,penulis menggunakan beberapa teknik pengumpulan data selama melakukanproses penulisan ini, diantaranya adalah : Studi Pustaka Disini penulis menggunakan studi pustaka untuk mencari berbagai data guna mendukung atau menambah informasi untuk tulisan/paper ini, yaitu : a.

refersensi buku beberapa buku yang yang dipakai oleh penulis untuk menguji kelayakan karya ilmiah ini, serta buku juga menjadi acuan penulis untuk mengembangkan hasil karya ilmiah ini. b. internet searching merupakan salah alat yang digunakan dalam mencari atau menambah informasi penulis dalam menyelasaikan karya ilmiah ini. Studi Lapangan adapun studi lapangan yang dilakukan oleh penulis, yaitu: a. wawancara dalam melakukan sebuah tulisan, sangat diperlukan yang namanya wawancara tujuannya untuk mendapat data yang sangat valid dan juga menyesuaikan suatu kejadian antara yang penulis angkat dan apa yang ada dilapangan. b. observasi non partisipan merupakan upaya yang dilakukan oleh penulis dengan turun ke lapangan dalam mengamati secara langsung agar mendapatkan informasi yang lebih lengkap dan terpercaya sehingga karya ilmiah ini layak untuk dibaca.

2.3Teknik analisis data Datayang diperoleh penulis dari lapangan dilakukan analisis dengantahap-tahap sebagai berikut : Pengumpulan data (data collection) Data yang sudah diperoleh selanjutnya akan disusun dalam bentuk tulisan yang berisi serangkaian informasi sesuai dengan tema pembahasan yang penulis pilih. Reduksi data (data reduction) Kategori dan mereduksi data, yaitu melakukan pengumpulan terhadap informasi penting yang terkait dengan tema pembahasan. Penyajian data (data display) Melakukan interpretasi data yaitu menginterpretasikan dari apa yang diinterpretasikan responden terhadap tema pembahasan. Penarikan kesimpulan (conclusion drawing) Penarikan kesimpulan berdasarkan susunan tulisan yang telah disusun, sehingga akan menjabarkan hasil analisis dari data yang telah didapatkan. Tabel Teknik Analisis Data BABIIIHASILDAN PEMBAHASAN3.1Hasil Tantangandalam setiap usaha bisnis Biasanyasebagian orang akan mengalami banyak rintangan dalam dirinya sendirisaat membangun sebuah bisnis. Adapaun rintangan itu diantaranya : Modal Ini akan selalu menjadi rinatangan awal dimana para pelaku bisnis akan berpikir cara mendapatkan modal guna membangun sebuah usaha.

Tetapi justru banyak orang yang melakukan awal usaha dari modal yang tidak terlalu besar. Bakat Banyak juga yang merasa diri tidak berbakat dalam usaha bisnis, mereka berpikir akan melakukan apa nantinya jika sudah memulai usaha. Terkadang di benak mereka muncul keraguan apa menjadi seorang entrepreneur bisa dilatih? Tentu bisa. Moris mengatakan bahwa menjadi seorang entrepreneur itu dilahirkan dan sekaligus diciptakan.

Sebab entrepreneur lebih merupakan perilaku daripada gejala kepribadian, yang dasarnya terletak pada pada konsep dan teori, dan bukan pada intuisi semata.Hasilpeneilitian berdasarkanhasil observasi dan wawancara yang telah dilakukan terhadap salahsatu pengusaha showroom mobil di salah satu kota besardi Indonesia, begini hasil dari wawancara yang didapat : Sejak kapan usaha showroom ini dimulai? Usaha ini dimulai pada pertengahan tahun 2014 Bagaimana bisa kepikiran untuk mebuat usaha showroom ? Awalnya emang karena menyukai mobil dan senang dengan hal yang menyinggung soal mobil dari situ mulai berpikir untuk membangun usaha showroom. Darimana bisa mendapat modal? Modal sendiri atau melakukan peminjaman ke bank? Modal yang didapat dari pinjaman bank dengan jumlah yang besar tentunya, tentunya bank memiliki batasan peminjaman dengan jumlah tertentu. Selebihnya mencari dana melalui investor.

3.2Pembahasan Daripenjelasan yang sudah disampaikan pada tulisan diatas, pembahasan inimerunut pada masalah tentang bagaimana menjadi seorang pebisnis danmenjadi seorang pemimpin yang hebat serta untuk membangun dunia usahadengan cara seperti apa agar bisa mewujudkannya. Saat ini banyakpebisnis membuka usaha yang anti mainstreamdanitu menjadikan satu daya tarik untuk memikat para konsumen.

Entrepreneurdanleadershipduahal yang selalu berdampingan dalam hal bisnis. Keduanya memilikiperan yang vital dalam menjalani suatuusaha bisnis, karena hal ini tidak bisa lepas dari dunia bisnis.Seorang pebisnis dan pemimpin itu adalah tanggung jawab yang harusdijalankan oleh satu orang.

Seorangentreprenurjugaharus memliki kemampuan yang mumpuni dalam hal berpikir ataupunberimajinasi, tujuannya agar usaha yang dijalani tidak monoton tetapimampu membuat terobosan-terobosan baru yang mungkin jarang dilihatoleh banyak orang. Itumenjadi hal positif dan keuntungan yang berarti bagi pemilik bisnis,dan bisa menjadikan inovasibaru di pasaran. Kinipara pebisnis berlomba-lomba dalam menampilkan inovasi-inovasiterbaru yang mereka miliki, meskipun ada beberapa usaha yang samayang dipasarkan tetapi tidak sedikit juga yang memodifikasi sehinggamenjadi terlihat lebih menarik untuk para calon konsumen.

Seorangpengusaha harus berkomitmen ketika membangun usaha yang akandijalaninya bahwa dirinya yakin dengan keputusan yang akan dia ambil.Tidak semata-mata hanya untuk coba-coba namun hasil yang didapat samasekali tidak ada. Tujuan harus jelas dan cara pengambilankeputusannya harus tepat, sehinggasemua berjalan sesuai dari rencana awal yang sudah dipersiapkan.Seorangpebisnis juga harus mengetahui letak kelebihan dan kekurangan yangdimilikinya agar bisa menjadi bahan evaluasi kedepannya. Kelebihanyang dimilikinya justru bisa semakin berkembang apabila dirinyamemiliki kemauan yang sangat keras. Sebaliknyakelemahan itu bisa membangun motivasi seorang pemimpin untuk menutupikelemahannya dengan maumengoreksi setiap sisi yang mungkin dianggap sebagai titik terlemahdari dirinya. Halitu sangat wajar dimiliki oleh siapa saja, asal ada kemauan untukberkembang ataupun memotivasi diri sendiri semua pastiakan berjalan sangat baik.

Keuntunganmemiliki usaha bisnis sendiri juga tentunya sangat menggiurkan,selain mendapat incomeyangmenjanjikan juga dapat mempekerjakan orang lain. Itu suatu hal yangsangat mulia, bisa dikatkan menyelamatkan masa depan sebagian depanyang dimana saat sekarang sangat sulit untuk mencari pekerjaan.Pihak industri kreatif juga sangat mengharapkan adanya pendatang barudari dunia entrepreneuryangbisa mempekerjakan orang banyak sehingga dapatmensejahterahkan banyak orang juga. Seorangentrepreneurjugadapat menjadi sosok inspirasi bagi banyak kalangan sehingga adamotivasi yang tertanam dalam diri mereka. Bagiseorang pemimpin yang hebat sangat dibutuhkan yang namanya kelihaiansaat memimpin suatu komunitas/perusahaan, saat pemimpin mampumengakomodir anggota bisa dikatakan bahwa orang yang memimpin suksesmelakukan tugasnya sebagaipengatur dalam suatu perusahaan/komunitas. Pemimpin diwajibkan mampumemberi motivasi agar orang-orang yang bekerja dengan dirinyamemiliki semangatdalam bekerja, hal itu bisa berdampak terhadap kinerja para karyawanserta bisa mengangkat moral dari masing-masing para karyawan.

Pemimpinjuga bisa memberi rewardterhadapkaryawan yang memiliki etos kerja yang luar biasa, dengan adanyarewarditusalah satu bentuk motivasi dalam bentuk barangataupun sejenisnya. Karenadengan seorang pemimpin memberi penghargaan berarti kepedulianterhadap karyawan itu ada bahkan sebaliknya pemimpin akan mendapattimbal balik dari apa yang diberikan, yakni etos kerja tadi. Keduanyasama-sama merasa diuntungkan, karena itu bentuk saling respectantarapemimpin dan karyawan, dan tidak membeda-bedakan satu dengan lainnyakarena memiliki tujuan yang sama yaitu mengembangkan usaha bisnisagar menjadi lebih baik. Bilapebisnis saat memimpin dalam suatu rapat namun dirinya tidak mampudalam menangani sekelilingnya maka dapat dikatakan bahwa dirinyabelum mampu menjadi seorang pebisnis serta menjadi pemimpin yanglayak. Tabeltahapan Proses Entrepreneur Tabeldiatas adalah tabel analisis data yang digunakan oleh penulis, namunteknik ini arahahnya terlihat tidak beraturan karena teknik inibermacam-macam, dan dilakukan secara terus menerus sampai datanyajenuh.

Dengan pengamatan yang terus menerus tersebut mengakibatkanvariasi data tinggi sekali. Data yang diperoleh pada umumnya dalahkualitatif, sehingga teknik analisis data yang digunakan ini belummemiliki pola yang jelas. Daribeberapa yang penulis temui mengenai seorang pelaku bisnis danseorang pemimpin, banyak dari mereka melakukan bisnis dari nol danmencari dana sebisa yang mereka kumpulkan.

Sesuatu hal yang bisadiambil adalah tidak semua hal yang ingin diraih harus mempunyai danayang besar, tetapi dengan dana minim juga bisa asal mampu digunakansecara maksimal. Bagi mereka ini adalah tantangan ketika mampumelihat peluang yang ada mereka akan mengambilnya tanpa ragu, danmereka sudah memikirkan terlebih dahulu apa yang mau dilakukan. Interpretasiadalah milik pribadi, sehingga kita tidak perlu dan tidak biasmemaksakan interpreatsi kita kepada orang lain.

Meskipun begitu, jikadilakukan secar efektif, interpreatsi dapat pula digunakan untukmeyakinkan orang lain serta dapat mendorong orang lain dalam merubahpandangannya dan juga tingkah laku mereka. Dalam hal ini,interpretasi dipahami sebagai sutau proses untuk menyederhanakansuatu ide yang rumit kemudian membaginya kepada masyarakat. Interpretasimerupakan bagian dari sebuah gambaran akan informasi.Informasi-informasi yang diterima oleh seseorang akan diubah sesauisimbol yang dimilikinya sehingga menghasilkan sebuah interpretasi.Informasi sangatlah beragam, dapat berbentuk lisan, tulisan, gambar,matematika dan lain sebagainya. Interpretasi seseorang terhadap suatuhal atau suatu peristiwa dapat berbeda-beda, tergantung daripengalaman yang dilihat ataupun dialaminya. MenurutJustine Longenecker, dalam bukunya kewirausahaan, manajemen usahakecil, jilid 1, mengatakan bahwa untuk menjadi seorang yang suksesharus berani mengambil segala resiko apapun tidak harus menunggusesuatu tetapi kita yang harus mengejar tujuan yang ingin kita capai. Dariyang disampaikan oleh Justine di dalam bukunya, mengindikasikan jikaingin memantapkan diri sebagai seorang entrepreneur harusbenar-benar siap saat sudah mengambil langkah tersebut.

Jangan pernahmelakukan sesuatu hal itu dengan setengah-setengah tapi harus yakindan percaya bahwa segala sesuatu dapat diraih dengan kerja keras yangsudah lakukan, serta hasil pun akan mengikuti alur pencapaian kita.Pelaku bisnis harus bisa mengendalikan perusahaan serta menjadicontoh pemimpin yang dapat menjadikan dirinya pantas disebut sebagaiseorang teladan di bidangnya. Para ahli juga menuturkan, rata-rataorang memiliki kemampuan dalam berbisnis tetapi hanya beberapa yangberani dan mampu melakukannya karena orang yang biasanya beranimengambil langkah yang menurutnya sulit justru merekalah yang tampilsebagai pemenang dalam suatu perburuan.4.KESIMPULAN Dariuraian diatas, bahwa untuk menjadi seorang pemimpin yang hebat danmendirikan sebuah usaha dibutuhkan yang namanya kerja keras dankeyakinan terhadapa diri sendiri. Karena setiap pekerjaan apapuntidak ada yang instan, bahkan manusia saja bertumbuh hingga dewasadibutuhkan yang proses secara bertahap. Apalagi yang namanyamendirikan usaha, dibutuhkan yang namanya kesabaran tujuannya yaituagar kita memahami sudah sejauh mana kemampuan kita dalam berbisnis.Dan apakah kita sudah layak untuk menjadi seorang pemimpin? Karenajalan kearah sana pasti ada asal kita konsisten dengan apa yang kitajalani saat ini.

Sangat banyak godaan saat kita memulai sesuatu, bisasaja itu jenuh, malas ataupun menyerah, itu yang menjadi tantangansesungguhnya ketika memulai suatu usaha. Dankita pastikan hal kita senangi apa itu akan menjadi kunci dari bisniskita berhasil atau tidak, karena apabila membuka usaha bisnis denganhal yang tidak sesuai dengan diri kita itu akan menjadi sulit, sebabkita memulai sesuatu yang baru tapi hal kecil pun kita tidak pahamidan itu keputusan yang sangat fatal. Berbedajika hal baru itu kita sedikit mengetahuinya serta pernahberkecimpung kedalamnya, justruitu peluang yang sangat baik bagi kita asal kita mampu untukmemodifikasinya sedikit agar terlihat berbeda dari yang lain. Jikaingin menjadi seeorang pebisnis harus pandai dalam melihat peluangsekecil apapun dan dapat dijadikan keuntungan bagi kita, dibutuhkanjuga pemimpin yang pandai dalam mengatur segala sesuatunya baikinternal ataupun eksternal. Padaintinya kita akan mendapatkan pengalaman dari segala sesuatu yangkita jalani serta akan menjadikan kita lebih kuat lagi untukkedepannya sehingga kejadian yang tidak terulang di kemudian hari,dan diri kita semakin mantap buat bersaing dengan yang lain sertakelayakan kita dalam mendirikan usaha dan menjadi pemimpin memangselalu memiliki hambatan.

5.ReferensiKewirausahaan,manajemen usaha kecil, Justin Longenecker, Jilid 1, Penerbit Salembaempat, Jakarta, 2001Kewirausahaanteori, Geoffrey Meredith, Penerbit Binaman Pressindo, Jakarta, 2000http://www.daftar.co/10-pengusaha-sukses-indonesiaMusrofi,M. (2008) Creative, Manager, Entrepreneur; 93 Teknikkreatif otak kanan dan otak kiri. Jakarta: Elex Media Komputindo.Ajzen,I. (2005).

Attitude, Personality and Behavior Second Edition.Milton-Keynes England: Open University Press/McGraw HillMallya,L. Suresh.

(2011). Successful Entrepreneur of Indian Origin: ACase Study. Chennai: Departement of Management Studies, Dr.M.G.R.

Educational and Research Institute University