Pemakaian stilistika sebagai bagian dari ilmu sastra, lebih

Pemakaian majas di kalangan masyarakat sangat beragam, tidak hanya dipakai dalam berkomunikasi secara lisan maupun tulisan akan tetapi juga dipakai dalam menyampaikan pikiran, informasi (opini maupun fakta) yang terjadi di lingkungan masyarakat. Dalam penelitian ini peneliti menganalisis pemakaian majas yang digunakan oleh kreator dalam menyampaikan ide atau gagasannya dalam bentuk meme.

Kreator menggunakan majas untuk memperhalus tuturan sehingga terasa lebih sopan, akan tetapi ada juga kreator yang menggunakan kata-kata yang sangat kasar dalam menyampaikan tuturannya.  Majas tidak hanya menjadi konsumsi oleh kalangan sastrawan saja melainkan menjadi konsumsi bagi para kreator meme. Pemakaian majas yang digunakan oleh creator meme harus bisa dimenngerti oleh pembaca (masyarakat luas). Dengan begitu penyampaian dari creator meme itu sendiri bisa dimengerti oleh pembaca melalui pemakaian majas tersebut. Sehingga maksud dan tujuan creator dalam menyindir suatu kelompok ataupun perorangan bisa ditunjukkan melalui pemakaian majas, dalam penelitian ini khususnya majas sindiran.  Kemarin kita sempat dihebohkan oleh adanya berita tentang “Penistaan Agama” yang dilakukan oleh mantan Gubernur Jakarta bernama Basuki Tjahaja Purnama yang biasa dipanggil Ahok menurut masyarakat muslim Ahok telah menghina Agama ketika ia sedang melakukan kampanye di kepulauan Seribu. Namun sesaat kasus inipun cepat ditindaki dan terdengar lagi setelah ramainya Meme yang memberikan sindiran terhadap kasus Ahok yang menghina orang muslim.

We Will Write a Custom Essay Specifically
For You For Only $13.90/page!


order now

Adapun tentang beberapa Meme yang dinilai tidak mendidik diberi peringatan berkat kontribusi para Netizen Khususnya para kreator Meme. Stilistika adalah studi yang mempelajari gaya bahasa yang terdapat dalam karya sastra ataupun non—sastra, dalam penelitian ini  khususnya yang terdapat di dalam meme. Verdonk memandang stilistika, atau studi tentang gaya, sebagai analisis ekspresi yang khas dalam bahasa untuk mendeskripsikan tujuan dan pengaruh tertentu (Verdonk, 2002:4). Pendapat lain menyatakan bahwa stilistika sebagai bagian dari ilmu sastra, lebih sempit lagi ilmu gaya bahasa dalam kaitannya dengan aspek-aspek keindahan (Ratna, 2009:9). Stilistika adalah gaya bahasa yang digunakan seseorang dalam mengekspresikan gagasan atau pemikiran melalui tulisan (Musthafa, 2008:51). Secara singkat gaya bahasa merupakan bentuk retorik, yakni penggunaan kata-kata dalam berbicara dan menulis untuk meyakinkan atau mempengaruhi penyimak atau pembaca (Guntur Tarigan, 2009: 4).

Pendapat lain mengatakan pemajasan merupakan teknik pengungkapan bahasa, penggayabahasaan, yang maknanya tidak menunjuk pada makna harfiah kata-kata mendukungnya, melainkan pada makna yang ditambahkan, makna yang tersirat (Nurgiantoro, 2000:296). Secara singkat dapat dikatakan bahwa gaya bahasa adalah cara mengungkapkan pikiran melalui bahasa secara khas yang memperlihatkan jiwa dan kepribadian penulis (Keraf, 2002: 113).  Jadi, gaya bahasa adalah cara penulis mengungkapkan atau menyampaikan gagasannya melalui bahasa yang melibatkan nilai rasa, emosi, dan perasaan.  Dalam analisis pada meme kasus ahok, penulis menggunakan teori tentang majas sindiran seperti majas ironi, sinisme, sarkasme, satire, dan innuendo. Majas ironi adalah suatu acuan yang ingin mengatakan sesuatu dengan makna atau maksud berlainan dari apa yang terkandung dalam rangkaian kata-katanya. Majas sinisme adalah majas yang tingkat sindirannya lebih tinggi dari ironi, kalimatnya halus dan sinis.

. Majas sarkasme merupakan majas yang yang lebih kasar dari ironi maupun sinisme. Majas sarkasme  adalah majas yang mengandung hinaan dan celaan yang getir. Sarkasme dapat saja bersifat ironis, dapat juga tidak, tetapi yang jelas adalah bahwa gaya ini selalu akan menyakiti hati dan kuramg enak didengar. Majas satire  merupakan majas yang berisi tentang ungkapan yang menertawakan atau menolak sesuatu. Satire mengandung kritik tantang kelemahan manusia. Tujuan utamanya adalah agar diadakan perbaikan secara